Pengertian Koperasi Menurut Bahasa, Istilah dan Menurut Para Ahli

  • Whatsapp
Pengertian Koperasi Menurut Bahasa Istilah dan Menurut Para Ahli

Pengertian Koperasi Menurut Bahasa

Sebelum memberikan pengertian koperasi menurut bahasa terlebih dahulu adalah dengan mengetahui arti dari kata tersebut terlebih dahulu, kata koperasi berasal dari bahasa inggris yaitu gabungan dari kata co dan operation, adapun arti dari co adalah bersama-sama sedangkan arti dari kata operation adalah bekerja, jadi jika digabungkan menjadi cooperation maka kata tersebut setidaknya memiliki arti bekerja bersama.

Pengertian Koperasi Menurut Istilah

Jika ditinjau dari arti kata maka secara istilah koperasi dapat didefinisikan sebagai bentuk kerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Bekerjasama dalam mencapai tujuan bersama adalah kata kunci utama dalam berkoperasi.

Read More

Sedangkan menurut undang-undang nomor 25 tahun 1992 tentang perkoperasian, Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum yang melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip Koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan.

Baca Juga: Gambaran Umum Koperasi Dengan Kegiatan Usaha Simpan Pinjam

Adapun Definisi Koperasi menurut ILO (International Labour Organization) adalah Koperasi merupakan perkumpulan orang-orang, Penggabungan orang-orang berdasarkan kesukarelaan, Terdapat tujuan ekonomi yang ingin dicapai, Koperasi berbentuk organisasi bisnis yang diawasi dan dikendalikan secara demokratis, Terdapat kontribusi yang adil terhadap modal yang dibutuhkan, Anggota koperasi menerima resiko dan manfaat secara seimbang.

Pengertian Koperasi Menurut Para Ahli

Adapun pengertian koperasi selain daripada menurut Bahasa dan menurut Istilah tersebut di atas, maka ada juga beberapa pengertian koperasi menurut para ahli, sebagaimana berikut:

1. Pengertian Koperasi Menurut Muhammad Hatta

Koperasi adalah usaha bersama untuk memperbaiki nasib penghidupan ekonomi berdasarkan tolong menolong, semangat tolong menolong tersebut didorong oleh keinginan memberi jasa kepada kawan, berdasarkan seorang buat semua dan semua buat seorang.

2. Pengertian Koperasi Menurut Arifinal Chaniago

Arifinal Chaniago mengatakan bahwa koperasi adalah suatu perkumpulan yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum, yang memberikan kebebasan kepada anggota untuk masuk dan keluar, dengan bekerja sama secara kekeluargaan menjalankan usaha untuk mempertinggi kesejahteraan jasmaniah para anggotanya.

3. Pengertian Koperasi Menurut Sri-Edi Swasono

Koperasi adalah lembaga sosial-ekonomi untuk menolong diri sendiri secara bersama-sama. Upaya ini dapat tumbuh dari dalam masyarakat sendiri berkat munculnya kesadaran bersama untuk memberdayakan diri sendiri, namun dapat pula ditumbuhkan dari luar masyarakat sebagai pemberdayaan oleh agen of development, baik oleh pemerintah, elit masyarakat maupun oleh organisasi-organisasi kemasyarakatan, LSM dan Lain-lain.

Baca Juga: 10 Manfaat Koperasi Bagi Anggotanya

4. Pengertian Koperasi Menurut Dr. Fay

Dr. Fay menjabarkan bahwa koperasi adalah suatu perkumpulan beranggotakan orang-orang atau badan hukum, yang memberikan kebebasan kepada anggota untuk masuk dan keluar, dengan bekerja sama secara kekeluargaan menjalankan usaha untuk mempertinggi kesejahteraan jasmaniah para anggotanya.

5. Pengertian Koperasi Menurut Munker

Munkner juga memberikan definisinya tentang koperasi, yaitu organisasi tolong menolong yang menjalankan urus niaga secara kumpulan, yang berazaskan konsep tolong menolong. Aktivitas dalam urusan niaga semata-mata bertujuan ekonomi, bukan sosial seperti yang dikandung gotong royong.

6. Pengertian Koperasi Menurut R.S.Soeraatmadja

Menurut R.S.Soeraatmadja, koperasi adalah suatu badan usaha yang secara sukarela dimiliki dan dikendalikan oleh anggota yang adalah juga pelanggan dan dioperasikan oleh mereka dan untuk mereka atas dasar nirlaba atau dasar biaya.

7. Pengertian Koperasi Menurut Hanel

Menurut Hanel bahwa organisasi koperasi adalah sebagai suatu sistem sosial ekonomi atau sosial teknik yang terbuka dan berorientasi pada tujuan.

8. Pengertian Koperasi Menurut Richard Kohl dan Abrahamson

Richard Kohl dan Abrahamson menjelaskan bahwa koperasi adalah sebagai badan usaha dengan kepemilikan dan pemakai jasa merupakan angota dari koperasi itu sendiri serta pengawasan terhadp badan usaha tersebut harus dilakukan oleh yang menggunakan jasa dan pelayanannya.

9. Pengertian Koperasi Menurut Margono Djojohadikoesomo

Menurut Margono Koperasi adalah perkumpulan manusia, seorang-seorang yang dengan sukanya sendiri, hendak bekerja sama untuk memajukan ekonominya.

10. Pengertian Koperasi Menurut P.J.V. Dooren

P.J.V. Dooren mengatakan bahwa Koperasi tidaklah hanya kumpulan orang-orang, akan tetapi dapat juga merupakan kumpulan dari badan-badan hukum (corporate).

11. Pengertian Koperasi Menurut H.E Erdman

Menurut Erdman Koperasi adalah usaha bersama, merupakan badan hukum. Anggota adalah pemilik dan menggunakan jasanya dan mengembalikan semua penerimaan di atas biayanya kepada anggota sesuai dengan transaksi yang mereka jalankan.

Kesimpulan

Dari pengertian koperasi menurut bahasa, istilah, dan beberapa pendapat ahli maka dapat diambil kesimpulan bahwa koperasi adalah badan usaha yang dibentuk oleh seorang-seorang yang dengan suka rela menjalankan dan menggunakannya untuk tujuan kesejahteraan ekonominya.

Koperasi adalah sosial ekonomi yang berupaya bersama-sama menjalankan dan menggunakan jasanya untuk kesejahteraan tanpa ada paksaan dalam proses berkerja sama tersebut.